Buku tamu    |    Kontak
 
 
     
 
Menko Perekonomian melantik Sekretaris Otorita Asahan


Menko Bidang Perekonomian Sri Mulyani Indrawati telah melantik Sekretaris Otorita Asahan yang baru Drs. Tengku Azwar Aziz pada hari jumat tanggal 3 Juli 2009 bertempat di kantor Departemen Keuangan.

Pada acara pelantikan tersebut, Plt. Menko Perekonomian mengatakan bahwa Sekretaris Otorita Asahan sebagai jabatan yang sangat penting dan strategis dalam rangka melengkapi regenerasi pimpinan Otorita Asahan yang mana Ketua dan Wakil Ketua Otorita Asahan telah dilantik tahun lalu.

Otorita Asahan merupakan Badan Pemerintah yang dibentuk berdasarkan Kepres No.5 tahun 1976 yang mewakili kepentingan pemerintah Indonesia dan bertanggungjawab atas kelancaran dan pembangunan Proyek Asahan. Proyek Asahan merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan 12 (dua belas) investor dari Jepang yang mulai beroperasi sejak tahun 1983 dan akan berakhir pada tahun 2013. Untuk itu kinerja Otorita Asahan perlu ditingkatkan agar keberlanjutan Proyek Asahan sesudah berakhirnya kerja sama tersebut dapat lebih terjamin. Meskipun ada beberapa pilihan yang menguntungkan untuk Pemerintah Republik Indonesia tanpa mengabaikan kepentingan investor maka perlu dikaji kembali oleh karena itu Otorita Asahan akan melaksanakan tugas tersebut bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya.

Otorita Asahan juga harus bertanggungjawab atas pengelolaan dan penyaluran dana lingkungan (Environmental Fund) yang disisihkan dari sebagian hasil penjualan aluminium dari pasar domestik untuk pelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar Danau Toba. Untuk itu Otorita Asahan harus melaksanakan dengan benar, tepat sasaran, transparansi, dan akuntabilitas. Kerja sama dengan Pemkab/Pemkot, kelompok masyarakat, dan BPKP agar dapat ditingkatkan.

index

 
Otorita Asahan Republik Indonesia @2008
Jl. Gatot Subroto Kav. 8 no. 67, Telp. (021) 5252466, Fax. (021) 5251763